“ SUGENG RAWUH WONTEN ING BLOGIPUN KANG GOBOX'Z “

Senin, 11 November 2013

BiotoGold..Tingkatkan Imunitas Hewan Ternak Anda


imunitas-ternak-anda2
Pembangunan peternakan di Indonesia diarahkan untuk meningkatkan produksi daging dalam upaya memenuhi kebutuhan protein hewan selain susu. Dalam rangka memenuhi tujuan tersebut maka diperlukan peningkatan produktivitas ternak. Peningkatan Produktivitas ini harus sejala dengan upaya peningkatan atau pengendalian kesehatan hewan ternak.
Upaya pengendalian dan peningkatan kesehatan hewan ternak sangat erat kaitannya dengan upaya meningkatkan daya tahan tahan atau imunitas hewan ternak terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya sakit, baik virus, bakteri, parasit dan mikoorganisme pathogen lain nya, juga berbagai kondisi lingkungan yang tidak sehat, termasuk cuaca yang ekstrim, pencemaran lingkungan, juga kondisi kandang yang tidak sehat.
Pada dasarnya sistem pengendalian bakteri untuk mengendalikan bakteri di dalam tubuh ada empat macam cara yakni (1) probiotik merupakan cara dimana ternak diberi tambahan bakteri tertentu, (2) prebiotik merupakan cara dimana ternak diberi tambahan nutrisi yang ditujukan untuk memberi media tumbuh bagi bakteri tertentu, (3) acidifire merupakan cara dimana tubuh ternak diberi tambahan makanan yang berfungsi untuk membantu menciptakan suasana asam di saluran pencernaan, dan (4) enzim merupakan zat yang berfungsi untuk membantu pencernaan zat makanan agar lebih mudah diserap oleh tubuh ternak. Namun dari keempat cara tersebut diatas, probiotik merupakan cara yang paling murah dan mudah didapat.
Probiotik merupakan suatu produk yang mengandung mikroba hidup non -patogen, yang diberikan pada hewan atau manusia untuk memperbaiki laju pertumbuhan, efisiensi konversi ransum, dan meningkatkan kesehatan hewan atau manusia dengan cara mempengaruhi secara positif keseimbangan mikroba usus dan mengendalikan mikroba patogen dalam saluran pencernaan.
Para ahli menyebutkan manfaat penggunaan probiotik terhadap IMUNITAS hewan ternak, antara lain
  • Pemberian Lactobacillus acidophilus pd pakan ternak meningkatkan pertambahan berat badan sapi & efesiensi makanan, tingkat kematian ternak sapi menurun dari 7,5 % jadi 1,5 % akibat pemberian probiotik.
  • Menempatkan mikroorganisme yang menguntungkan dan menekan mikroorganisme yang merugikan; 
  • Meningkatkan aktivitas enzim-enzim pencernaan dan menekan aktivitas enzim-enzim bakteri yang merugikan; 
  • Menekan produksi gas amonia dan merangsang sistem pertahanan tubuh.
Telah hadir satu produk unggulan dari BioJANNA, yakni BIOTO GOLD.. Adalah FORMULA NUTRISI PRIOBIOTIK ORGANIK NON KIMIA dengan memadukan teknologi kultur mikrobakteri terkini BAGI TERNAK ANDA untuk Meningkatkan Sistem Imun dan Pertumbuhan Pada Hewan Ternak sekaligus pencegahan berbagai macam penyakit. BIOTO GOLD mengandung Probiotik Lactobacillus sp, Rhodopsedomonas sp, Actinomycetes, Yeast/Saccharomyces, Streptococcus, dan Lactococcus.
Kandungan probiotik lactobacillus di dalam BIOTO GOLD tersebut akan mengaktifkan sel-sel imun kita seperti makrofag, limfosit, dan neutrofil.
Jika sel-sel imun kita aktif, kerjanya akan optimal, sehingga ampuh melawan serangan kuman. Kuman yang terlanjur memasuki sel karena terbawa aliran darah akan menghadapi detoksifikasi dalam sel. Kuman-kuman itu diiris-iris pada tingkat molekul dalam proses yang disebut autofagi. Kuman diidentifikasi dalam sel, “dikarungi”, lalu diurai oleh enzim. Salah satu enzim tersebut adalah Lisozim, enzim yang disekresi oleh lisosom, suatu organel penyusun sel. Lisozim mampu memecah dinding sel bakteri sehingga bakteri pun mati.
Kultur bakteri probiotik pada beberapa penelitian dapat meningkatkan rangsang spesifik dan nonspesifik sehingga dapat mengaktifkan makrofag, meningkatkan sitokinesis, meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami, dan meningkatkan immunoglobulin.
Bioto Gold juga akan menyeimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan, dimana dengan terjaganya mikroflora pada saluran penceranaan ini akan berperan penting pada perkembangan anatomi, fisiologi dan kekebalan (imunologi) dari host (penjamu) ini menstimulasi sistem imun untuk merespon secara cepat infeksi yang disebabkan bakteri pathogen dan melalui mekanisme antagonism dengan menghambat kolonisasi bakteri pathogen dan bakteri yang berbahaya pada usus.
Bioto Gold juga dapat meningkatkan IMUNITAS hewan ternak melalui mekanisme mengatur beberapa aspek dari sistem kekebalan hewan inang, mengeluarkan toksin yang mereduksi / menghambat perkembangan mikroba-mikroba patogen dalam saluran pencernaan, merupakan suatu kondisi yang dapat meningkatkan kekebalan hewan inang. Toksin-toksin yang dihasilkan tersebut merupakan antibiotika bagi mikroba-mikroba patogen, sehingga penyakit yang ditimbulkan oleh mikroba patogen tersebut akan bekurang dan dapat hilang atau sembuh dengan sendirinya. Hal ini akan memberikan keuntungan terhadap kesehatan hewan inang sehingga tahan terhadap serangan penyakit.
Penggunaan probiotika pada ternak unggas dilaporkan dapat menurunkan aktivitas urease, suatu enzim yang bekerja menghidrolisis urea menjadi amonia sehinggga pembentukan amonia menjadi berkurang. Amonia adalah suatu bahan yang dapat menyebabkan keracunan pada ternak unggas.
Bukti peran probiotik bagi sistem kekebalan tubuh adalah temuan Fukushima bahwa bifidobakteria mampu meningkatkan produksi lg A dalam susu dan usus. Penelitian yang lain menunjukkan probiotik dalam tubuh mencegah terjadinya kanker, dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain probiotik adalah kemampuannya memproduksi asam laktat dan asam asetat di usus sehingga dapat menekan pertumbuhan bakteri E coli dan Clostridium per-fringens penyebab radang usus dan menekan bakteri patogen lainnya, serta mengurangi penyerapan amonia dan amina.
Demikian besar manfaat BIOTO GOLD untuk meningkatkan IMUNITAS hewan ternak anda, sehingga dapat dijadikan pilihan utama anda dalam menjaga kesehatan hewan ternak, sehingga dengan menjaga kesehatannya, maka produktivitas hewan ternak anda pun akan meningkat, tentunya usaha anda akan semakin maju.
Demikian, semoga dapat memberi manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar